Senin, 11 Oktober 2010

Menggali potensi yang ada dalam diri kita

OLEH : GIA PRINATAMA
KELAS : 2EB13
NPM :23209862

Pernahkah terbayangkan dalam benak kita bahwa kita adalah orang yang hebat? Orang yang bisa diandalkan? Mampu dalam mengerjakan segala hal? Tentu jarang sekali ada orang yang bisa berkata seperti itu. Karena apa? Karena mereka merasa bahwa mereka lemah dan tidak berpotensi apapun.
          Sungguh sayang apabila semua orang menganggap diri mereka seperti itu karena setiap orang itu diciptakan oleh Allah dengan berbagai macam kekurangan dan kelebihan yang mereka punya. Jadi tidak ada orang yang tidak punya kelebihan atau hanya ada kekurangan saja dalam diri mereka.
          Hal itu dapat ditumbuhkembangkan melalui menggali potensi yang ada dalam diri kita dan membangkitkan rasa percaya diri. Memang bukanlah hal yang mudah untuk membiasakan diri berbuat kedua hal tersebut. Tetapi kita harus bisa mencobanya dan membiasakannya dalam setiap hal yang ingin kita kerjakan.
          Menggali potensi yang ada dalam diri kita bisa dengan cara menyalurkan hobi/minat apa yang kita sukai sehingga kita bisa maksimal. Contoh apabila kita suka main gitar kita bisa membuat suatu grup music/band bersama teman – teman sehingga kita dapat menyalurkan bakat yang kita punya. Selain itu menggali potensi yang ada dalam diri kita bisa juga dengan cara membuat suatu catatan/koreksi tentang apa sajakah yang dapat kita kerjakan dan mampu juga senang dalam melakukan itu seperti senang menulis maka buatlah tulisan-tulisan yang bagus lalu anda bisa menguploadnya ke internet. Atau anda pandai berbicara maka anda ingin menjadi MC pada sebuah acara. Dari situ kita bisa tau apa saja potensi yang dapat kita gali dalam diri kita.
          Lalu membangkitkan rasa percaya diri. Rasa percaya diri itu adalah merasa yakin dan percaya akan kemampuan dan semua hal yang kita punya. Hal itu memang terkadang sulit tetapi kita harus coba membangkitkannya. Caranya adalah mencoba yakin akan kemampuan diri sendiri dan mempunyai prinsip yang kuat. Sehingga dengan otomatis rasa percaya diri itu akan tumbuh dengan sendirinya.
          Itulah cara – cara yang dapat kita lakukan untuk menggali potensi yang ada dalam diri kita dan membangkitkan rasa percaya diri semoga menjadi suatu masukan yang dapat diterima dan berguna bagi semua pembaca.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar